Indonesia Inggris

Kegiatan Divisi Advokasi

Tahun 2005
Bandung People Forum (23 - 24 April 2005)
  Selama ini komunitas penyandang cacat hanya memperjuangkan hak-haknya lewat perjuangan sendiri-sendiri atau organisasi penyandang cacat yang sudah ada, tanpa masyarakat mengerti apa tujuan kita para penyandang cacat. Kita para penyandang cacat khususnya BILiC, mengangkat isu-isu tentang penyandang cacat ke masyarakat luas lewat LSM-LSM yang mungkin selama ini belum kita coba, sekaligus mensosialisasikan keberadaan BILiC.
     
Tahun 2006
Siaran Dialog Interaktif Independent Living (8 Mei 2005 - 29 Januari 2006)
  Afternoon Café BILiC di Radio Mustika 107,5 FM  8 Mei 2005 – 29 Januari 2006. Penyandang cacat menghadapi berbagai macam persoalan yang menyebabkan mereka tersingkir dari aktivitas sosial mainstream: seperti diskriminasi pada sarana umum, pendidikan dan pekerjaan. Sehingga penyandang cacat tersingkir dari ruang publik. Interaksi masyarakat dengan penyandang cacat pun menjadi sangat rendah. Hal ini berakibat kurangnya kesadaran masyarakat pada keberadaan penyandang cacat dan kompleksitas persoalan yang dihadapinya.
- Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan penyandang cacat.
- Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap berbagai persoalan yang dihadapi penyandang cacat.
Seminar Independent Living dan Pelatihan Peer konseling
  Difasilitasi oleh HI (Handicap Internasional), yang melibatkan Instansi pemerintah lokal, IDP Norway, perorangan, organisasi penyandang cacat lokal dan BILiC diselenggarakan pada tanggal 3-6 juni 2006 di Hotel Bumi Asri Jaya Bandung.

(klik pada foto untuk memperbesar)
Pelatihan management organisasi (Juli 2006)
  Pelatihan ini dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman mengenai manajemen organisasi.
Mendorong lahirnya PERDA Jawa Barat No. 10 tentang Perlindungan Penyandang Cacat, bersama komunitas penyandang cacat
Terlibat dalam Koalisi Masyarakat Bandung Bermartabat ( KMBB) yang mengadvokasi masalah-masalah kebijakan di semua sektor yang beraksi dalam Rapot Merah Walikota, KMBB ini adalah kumpulan LSM non penyandang cacat.
Terlibat dalam Forum Aksi Hak Penyandang Cacat Indonesia membahas tentang amandemen undang-undang no.4 tentang penyandang cacat yang difasilitasi oleh Handicap Internasional dan koordinator oleh PPCI pusat dan Drya manunggal.
Terlibat Demonsrtasi KBU dengan KMBB menolak kebijakan yang diskriminasi dan merusak tatanan daerah.
Sosialisasi kampanye kesadaran tentang kecacatan dengan tema “Menuju Mayarakat Inklusif“
  Pada bulan Desember 2006 yang terdiri dari aksi di jalan atau long march dari tugu PDAM sampai BIP, talk show di 3 stasiun radio yaitu Radio Mustika FM, radio Mara FM. Radio RRI, Audensi dengan walikota Bandung tentang sesitifitas jajaran pemerintahan terhadap kecacatan, Gambar bersama di kain yng panjangnya sekitar 60 meter tentang yang diikuti oleh anak-anak 6 sekolah yaitu dari SD Umum dan SLB.
   
Tahun 2007
Januari
BILiC tergabung dalam Komunitas Penyandang Cacat Jawa Barat melakukan Audensi dengan Biro Hukum Jawa Barat tentang implementasi dan sosialisasi PERDA Prop. Jabar No. 10 tentang Penyelenggaraan Perlindungan penyandang Cacat.
Mengadakan dialog publik tentang bedah PERDA Prop. Jabar No. 10 tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Cacat. Kajian terhadap PERDA yang sudah disahkan dimana substansinya masih banyak yang harus ditinjau kembali. Dorongan untuk segera disahkannya Peraturan Gubernur untuk implementasi Perda ini sangat mendesak. Kesepakatan bersama bahwa Perda ini harus dikaji ulang.
Bersama KMBB mengadakan aksi tentang BOSCHA Februari 2007.
Merayakan penandatanganan “Konvensi tentang Hak asasi Penyandang Cacat” tanggal 30 Maret 2007 (foto), dimana delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Menteri Sosial RI, Bachtiar Chamzah, di Perserikatan Bangsa Bangsa NY, Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) bersama Forum aksi hak Penyandang cacat serta mitra kerjanya Komnas HAM dan Handicap International (HI) menyelenggarakan acara Hari Sensitifitas Penyandang Cacat, bertempat di auditorium kantor Japan Foundation, Summitmas, Jakarta. Dengan mengundang seratus siswa sekolah dasar untuk belajar bahasa isyarat, huruf brile dan kursi roda.
Konsultasi Perda Jabar dengan Ahli Hukum Tata Negara, perwakilan staf dari BILiC beserta perwakilan komunitas mengadakan pertemuan dengan ahli hukum Tata Negara untuk konsultasi PERDA Jabar no. 10 tahun 2006 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Cacat. Konsultasi ini merupakan rangkaian kelanjutan dari Bedah Publik Perda yang diadakan pada bulan Januari 2007. Hasil konsultasi tersebut disimpulkan bahwa PERDA tersebut tidak dapat dioperasionalkan karena objek hukum yang tidak ada. Diusulkan untuk lebih membedah UU no. 4 tahun 1997 tentang penyandang cacat.
Maret
Sosialisasi Independent Living (foto). Kegiatan ini berbentuk dalam tiga kegiatan yang berbeda yaitu pameran seni, seminar, dialog publik dan simulasi sensitifitas, dan pentas seni yang diselenggarakan selama 3 hari. Tujuan dari kegiatan ini adalah sosialisasi filosofi independent living, sensitifitas untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap kecacatan. Sasaran utama kegiatan penyadaran ini adalah untuk warga sekitar dan umum (pemerintah dan non pemerintah).
Shooting program BILiC tentang Peer Support oleh Trans TV dalam acara “Reportase Sore”.
April
Teleconfrence dengan Handicap Internasional Aceh, yang bertujuan memperkenalkan aksesibilitas teknologi dan impormasi elektronik antar komunitas penyandang cacat Aceh dengan BILiC. Topik tentang berbagi pengalaman BILiC dalam advokasi penyandang cacat.
Diluncurkannya buku “Cinta Yang Utuh” yang berisi tentang pengalaman-pengalaman dalam menyingkapi kecacatannya dalam keluarga dan masyarakat, tiga penulis diantaranya dari BILiC.
Mei
Pembuatan film dokumenter “ Indevendent Living melalui Peer Support” sebagai bahan gambaran pengetahuan secara visual dalam kampanye kesadaran tentang kecacatan.
TalkShow dwi mingguan di RRI tentang issu kecacatan dengan topik yang berbeda-beda seperti Perempuan Penyandang Cacat, Peer Support, Buku “Cinta Yang Utuh, Volunteer dan BILiC dengan Independent Livingnya.
Juni
BILiC menjadi tim Forum Rembug Peduli Bandung Sehat yang berpartisipasi tentang issu kesehatan penyandang cacat dan advokasinya.
Shooting tentang BILiC untuk acara “Refleksi” program acara tentang pendidikan kemasyarakatan dan kemanusiaan yang ditanyangkan DAAI TV 56 UHF Jakarta.
Juli
Persiapan kegiatan yang akan dilaksanakan BILiC 2007-2008 yaitu Sosialisasi Lingkungan Sarana Pendidikan Inklusif yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2007- Agustus 2008 dengan sasaran utama pelajar SMU dan SMKN se-Cimahi.



Halaman Depan | Peta Situs | Email
Hak Cipta © Bandung Independent Living Center 2007