Indonesia Inggris

Forum Diskusi Keluarga
14 Januari 2007

Latar belakang
Faktor penting dalam membentuk kemandirian penyandang cacat adalah salah satunya adanya dukungan yang besar dari keluarga itu sendiri, karena budaya kita di Indonesia sangat menjaga erat sekali tali silahturahmi hubungan antar keluarga terutama anak kepada orang tua maupun sebaliknya. Namun kasus yang terjadi keluarga dalam memberi dukungan kepada keluarga yang penyandang cacat lebih kepada dukungan yang “berbeda” dari keluarga yang non penyandang cacat, seperti tidak terbukanya pihak keluarga ketika mempunyai anggota keluarganya yang penyandang cacat, karena malu dsbnya hingga pihak keluarga menyembunyikan keluarganya yang penyandang cacat. Kasus yang lainnya keluarga terkadang banyak yang terlalu over protektif kepada anggota keluarganya yang penyandang cacat ini menyebabkan terhambatnya sosialisasi dan kemandirian penyandang itu sendiri di tengah-tengah lingkungan sosialnya. Kita harus akui memang keluarga sangatlah berat ketika harus mendapatkan dan menerima keluarganya ada yang penyandang cacat, berat karena awalnya keluarga tidak banyak tahu harus bagaimana menerima, merawat, menjaga dan mendidik anggota keluarganya yang penyandang cacat. Kita maupun keluarga tidak pernah ada menerima pendidikan dini mengenai kecacatan ketika menerima anggota keluarganya yang penyandang cacat.

Atas dasar itu, BILiC memediasi perlu adanya forum diskusi khususnya keluarga yang mempunyai anggota keluarga penyandang cacat yang nantinya kita dapat berhubungan komunikasi, membahas, penguatan dan berbagi rasa antar keluarga itu sendiri mengenai kecacatan. Forum keluarga ini dapat memberi dukungan yang sangat lebih dan memberi peran lebih kepada kemandirian penyandang cacat itu sendiri kedepannya. Ditambah, berangkat dari pengalaman selama memberikan layanan peer konseling dan sosialisasi ke beberapa tempat umum, kebutuhan akan adanya pertemuan untuk orang tua sangatlah penting. Pertemuan tersebut diharapkan dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk pergerakan dari kalangan keluarga untuk saling memberi support antar orang tua penyandang cacat.

Pada pertemuan awal ini lebih banyak sharing anggota keluarga penyandang cacat. Sebagai salah satu outcomenya adalah adanya kesepakatan bahwa pertemuan ini perlu untuk ditindaklanjuti yang diharapkan menjadi suatu forum gerakan orang tua. Dari hasil evaluasi kegiatan terlihat bahwa pertemuan atau forum seperti ini sangat membawa dampak positif dan dapat dijadikan sebagai dukungan kuat kepada keluarga penyandang cacat.

Tujuan
- Memperkenalkan konsep Independent Living kepada keluarga langsung.
- Terjalinnya kerjasama dengan pihak keluarga yang mempunyai anggota keluarga penyandang cacat.

Faktor pendukung terbentuknya forum keluarga BILiC:
- Penyandang cacat
- Orang tua
- Guru




Halaman Depan | Peta Situs | Email
Hak Cipta Bandung Independent Living Center 2007