Indonesia Inggris

Divisi Kerja

Dalam mewujudkan misinya BILiC membentuk 5 buah Divisi yaitu:
Divisi Advokasi
Merupakan salah bidang yang mengupayakan terwujudnya kesadaran masyarakat kota Bandung terhadap keberadaan dan kebutuhan penyandang cacat. Pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat bekerja sama mengenai kepedulian dan menerima penyandang cacat sebagai bagian masyarakat yang utuh.  Hal ini memungkinkan BILiC dapat dilibatkan pada saat pembuatan dan implementasi kebijakan.
Divisi Aksesibilitas
Lingkungan fisik yang aksesibel sangat dibutuhkan untuk menunjang terwujudnya Independent Living bagi penyandang cacat. Namun, lingkungan yang akses ini tidak hanya dituntut semata-mata bagi penyandang cacat, tetapi bagaimana lingkungan tersebut di rancang secara inklusif agar semua pengguna tidak terkecuali dapat menggunakan dengan aman dan nyaman. Sampai sejauh ini desain universal merupakan media yang baik dalam melakukan pendekatan tersebut.
Divisi Informasi dan Rujukan
Bidang ini mengupayakan layanan informasi kepada para penyandang cacat pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Layanan informasi bagi penyandang cacat, diperuntukkan untuk mewujudkan Independent Living di dalam seluruh aspek kehidupannya. Sedangkan, untuk masyarakat luas mengenai kecacatan dan pentingnya Independent Living.
Divisi Konseling
Konseling adalah salah satu program layanan yang bisa membantu para penyandang cacat untuk belajar mengungkapkan kebutuhan-kebutuhannya, masalah-masalahnya dan mengekspresikan dirinya sehingga dengan sendirinya para penyandang cacat akan terbiasa untuk dapat menyuarakan pendapatnya. Dengan konseling ini diharapkan para penyandang cacat dapat membangun kepercayaan diri mendapatkan semangat hidup bahwa mereka tidak sendiri, dan penguatan antar penyandang cacat.
Divisi Sukarelawan
Bidang ini berasal dari istilah families and friends of BILiC, yang berupaya dalam menghimpun relawan untuk dilibatkan dalam berbagai kegiatan BILiC. Para relawan ini seringkali dijaring dari kalangan mahasiswa dan para orang tua penyandang cacat yang bersedia terlibat dalam kegiatan BILiC. Namun sebetulnya penjaringan ini tidak terbatas oleh kalangan tersebut.




Halaman Depan | Peta Situs | Email
Hak Cipta Bandung Independent Living Center 2007